Dengan metode tutor sebaya belajar Matematika lebih menyenangkan


DENGAN METODE TUTOR SEBAYA BELAJAR MATEMATIKA LEBIH MENYENANGKAN
            Pelajaran Matematika adalah momok dan dibenci oleh siswa yang tidak menyukainya.Apa lagi kalau diajar oleh guru yang kiler dan jutek.Banyak siswa yang tidak mengerti jika diajar oleh gurunya.Mungkin karena merasa takut dengan gurunya sehingga siswa menjadi tegang.Saya mencoba merobah pola ajar agar siswa dapat belajar lebih santai dan menyenangkan.Pilihan saya jatuh dengan belajar menggunakan metode Tutor Sebaya.Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Tutor Sebaya bertujuan siswa dapat memahami konsep materi Matematika dengan benar.Dari hasil yang penelitian yang  saya lakukan ternyata hasil belajar siswa menjadi meningkat dari sebelumnya.
            Apa motode Tutor Sebaya ? Metode Tutor  Sebaya yaitu pemberian bantuan yang dilakukan oleh siswa yang memiliki daya serap tinggi kepada teman yang belum paham. Belajar dengan teman sendiri dapat menghilangkan kecanggungan bagi siswa yang malu bertannya dan bagi tutor akan lebih mengusai pelajaran tersebut. Tutor dapat berperan sebagai pemimpin dalam kegiatan kelompok sebagai pengganti guru.Tidak semua siswa yang memiliki prestasi tinggi dapat menjadi Tutor Sebaya.Karena menjadi Tutor Sebaya seorang siswa harus memiliki beberapa kriteria.
 Menurut Djamarah (2006:25) menerangkan bahwa untuk menentukan siapa yang akan dijadikan tutor diperlukan pertimbangan-pertimbangan sendiri, diantaranya adalah:
1.      Memiliki kepandaian lebih unggul dari pada yang lain.
2.      Memiliki kecakapan dalam menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru.
3.      Mempunyai kesadaran untuk membantu teman lain.
4.      Dapat menerima dan disenangi siswa yang mendapat program tutor sebaya.
5.      Tidak tinggi hati, kejam, atau keras hati terhadap sesama kawan.
6.  Mempunyai daya kreativitas yang cukup untuk memberikan bimbingan atau yaitu dapat menerangkan kepada kawannya.
Kelebihan dan Kekurangan Tutor Sebaya menurut Arikunto dalam Amirudin (2010:20).
Keunggulan metode pembelajaran Tutor Sebaya yaitu:
1.      Hasilnya lebih baik bagi siswa yang mempunyai perasaan takut gurunya
2.      Bagi tutor pekerjaan tutoring akan dapat memperkuat konsep yang sedang dibahas
3.      Bagi tutor melatih tanggung jawab
4.      Mempererat hubungan antar siswa.
Kekurangan metode pembelajaran Tutor Sebaya yaitu:
1.      Siswa yang dibantu sering kali kurang serius.
2.      Siswa yang merasa malu atau enggan untuk bertanya.
3.      Pekerjaan tutoring ini sukar dilaksanakan.
4.      Bagi guru sukar untuk menentukan seorang tutor sebaya.
Motode pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil sangat cocok digunakan dalam pembelajaran Matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas dan siswa menjadi terampil dan berani mengemukakan pendapatnya dalam proses pembelajaran (Ribowo. 2006). Model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana semua siswa aktif, siswa sangat antusias dalam melaksanakan tugas. semua perwakilan kelompok berani mengerjakan tugas didepan kelas, siswa berani bertanya dan respon siswa yang diajar sangat tinggi (Riyono. 2006).



Komentar

  1. Mengapa sulit menentukan anak yg bisa dijadikan tutor Bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena tidak semua anak mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan sebaya.Dia pintar tapi kalau tidak memiliki sikap mau berbagi dan memiliki jiwa pemimpin yang mau melihat anak buahnya maju maka dia tidak bisa di jadikan tutor sebaya.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar