DENGAN METODE TUTOR
SEBAYA BELAJAR MATEMATIKA LEBIH MENYENANGKAN
Pelajaran Matematika adalah momok dan
dibenci oleh siswa yang tidak menyukainya.Apa lagi kalau diajar oleh guru yang
kiler dan jutek.Banyak siswa yang tidak mengerti jika diajar oleh
gurunya.Mungkin karena merasa takut dengan gurunya sehingga siswa menjadi
tegang.Saya mencoba merobah pola ajar agar siswa dapat belajar lebih santai dan
menyenangkan.Pilihan saya jatuh dengan belajar menggunakan metode Tutor Sebaya.Pembelajaran
dengan menggunakan metode pembelajaran Tutor Sebaya bertujuan siswa dapat
memahami konsep materi Matematika dengan benar.Dari hasil yang penelitian
yang saya lakukan ternyata hasil belajar
siswa menjadi meningkat dari sebelumnya.
Apa motode Tutor Sebaya ? Metode
Tutor Sebaya yaitu pemberian bantuan yang dilakukan oleh siswa yang
memiliki daya serap tinggi kepada teman yang belum paham. Belajar dengan teman
sendiri dapat menghilangkan kecanggungan bagi siswa yang malu bertannya dan
bagi tutor akan lebih mengusai pelajaran tersebut. Tutor dapat berperan sebagai
pemimpin dalam kegiatan kelompok sebagai pengganti guru.Tidak semua siswa yang
memiliki prestasi tinggi dapat menjadi Tutor Sebaya.Karena menjadi Tutor Sebaya
seorang siswa harus memiliki beberapa kriteria.
Menurut Djamarah (2006:25) menerangkan bahwa
untuk menentukan siapa yang akan dijadikan tutor diperlukan pertimbangan-pertimbangan
sendiri, diantaranya adalah:
1.
Memiliki
kepandaian lebih unggul dari pada yang lain.
2.
Memiliki
kecakapan dalam menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru.
3. Mempunyai kesadaran untuk membantu teman lain.
4.
Dapat menerima
dan disenangi siswa yang mendapat program tutor sebaya.
5.
Tidak tinggi
hati, kejam, atau keras hati terhadap sesama kawan.
6.
Mempunyai daya
kreativitas yang cukup untuk memberikan bimbingan atau yaitu dapat menerangkan
kepada kawannya.
Kelebihan dan Kekurangan Tutor Sebaya
menurut Arikunto dalam Amirudin
(2010:20).
Keunggulan metode
pembelajaran Tutor Sebaya yaitu:
1.
Hasilnya lebih
baik bagi siswa yang mempunyai perasaan takut gurunya
2.
Bagi tutor
pekerjaan tutoring akan dapat memperkuat konsep yang sedang dibahas
3.
Bagi tutor
melatih tanggung jawab
4.
Mempererat
hubungan antar siswa.
Kekurangan metode pembelajaran Tutor Sebaya
yaitu:
1. Siswa yang dibantu sering kali kurang serius.
2. Siswa yang merasa malu atau enggan untuk bertanya.
3. Pekerjaan tutoring ini sukar dilaksanakan.
Motode
pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil sangat cocok digunakan dalam
pembelajaran Matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa sehingga siswa
menjadi lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas dan
siswa menjadi terampil dan berani mengemukakan pendapatnya dalam proses
pembelajaran (Ribowo. 2006). Model pembelajaran tutor sebaya dalam
kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana semua siswa aktif,
siswa sangat antusias dalam melaksanakan tugas. semua perwakilan kelompok
berani mengerjakan tugas didepan kelas, siswa berani bertanya dan respon siswa
yang diajar sangat tinggi (Riyono. 2006).
Mengapa sulit menentukan anak yg bisa dijadikan tutor Bu?
BalasHapusKarena tidak semua anak mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan sebaya.Dia pintar tapi kalau tidak memiliki sikap mau berbagi dan memiliki jiwa pemimpin yang mau melihat anak buahnya maju maka dia tidak bisa di jadikan tutor sebaya.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus